Saturday, March 26, 2011

F for FAILED

Bray, sedikit share lagi nih minggu ini. Ceritanya tentang perkuliahan (asheek). Tentang praktikum. Praktikum fisika dasar 2. Langsung aja deh ya, let the story begin.
Ceritanya itu dimulai dari hari Rabu, 23 Maret 2011, malam harinya tepatnya. Kaya biasa, kan gue hari Kamis itu ada jadwal praktikum fisdas, tepatnya Kamis siang, dari jam 2 sampe jam 5 (tapi kenapa anak-anak pada nyebut itu sesi sore? ah nevermind lah). Nah, hari Rabu itu tuh gue minta hasil pengolahan data praktikum sebelumnya sama partner gue, si Nia. Dan kaya biasa juga, tiap gua minta hasil pengolahan data itu, ya memang udah selesai, jadi tinggal nyalin doang semuanya. Udeh kan tuh gue dapat masteran (itu masih siang, abis kuliah fisdas). Nah karena udah dapat itu masteran, jadinya ya timbullah rasa malas yang sangat dewa. Harusnya bisa aja sih gue selesain it laporan akhir siang itu juga, tapi karena malas, yaudah lah ditunda sampe malam harinya.
Siang itu sampe malam itu gue habiskan di warung nasi tercinta alias WNG, tongkrongan kami. Langsung aja ke malamnya. Jam 9 tepatnya. Gue baru nyampe di kosan kan. Pengen ngerjain lapak, tapi badan udah gatel. Ada aja emang godaannya. Okelah gue mandi. Pas gue udah buka baju (jangan dibayangin) dan masuk ke kamar mandi, ternyata ga ada air. Gue sms lah itu si akang kosan gue, Teddy namanya, bilang "a air mati a, tolong nyalain." Sambil nungguin itu air nyala, gue timbul niat untuk mengerjakan lapak. Gue keluarin lah itu masteran dari si Nia. Gue ambil perlengkapan buat bikin lapak, macam papan jalan, HVS, dll. Nah ada yang kurang, yaitu pulpen. Setelah gue inget-inget pulpen gue itu ada sama si Ronald, dan ga tau di mana sampe sekarang. Entah diembat. Entah emang ilang. Ga tau juga. Kayanya sih ilang. Tapi siapa tau juga diembat. Tapi... yaudah sih "peduli bagong", kalo kata si Ronald.
Udah aja gue jalan ke warung beli pulpen. Dapat pulpen PILOT, harganya 2500. Gue bayar meke duit goceng, eh dikembaliinnya cuman 2000. Gue protes, "a kembaliannya cuman dua ribu?" Si aa nya sadar, "oh ya, kurang 500 ya jang?" Diberi lah gue tambahan kembalian 500 perak, jadi pas 2500.
Balik lagi ke kosan, ternyata air udah penuh. Gue mandi. Dingin bet rasanya pas mandi, emang karena abis ujan juga, terus emang Jatinangor itu dingin, ga kaya Jakarta, panas dan menggerahkan. Beberapa menit gue mandi, kira-kira setengah jam, gue selesai. Gue pake baju, terus lanjutin sholat Isya. Siap sholat, gue kerjain lah itu lapak. Emang godaan itu selalu muncul, baur ngerjain beberapa lembar, gue udah ngantuk. Itu yang gue kerjain cuman pengolahan data doang dari si Nia yang cuman tiga lembar, ditambah analisa data satu setengah lembar yang gue bikin sendiri. Udah aja, gue ngantuk, beresin laporan dan perangkatnya, terus bubuk (baca: tidur).
Paginya, gue bangun. Liat jam di hp, tulisannya kalo ga salah itu 6.00. Udah terlambat buat sholat subuh, tapi ga apa lah. Kata Ibu gue, ga apa telat yang penting sholat, kan memang kesiangan, bukan disengaja ga mau sholat. Oke, gue ikutin nasihat Ibu tercinta. Siap sholat, gue lanjutin itu lapak gue. Bikin teori dasar, latar belakang, bla bla segala macam. Di sela-sela itu, gue sms si Maria, minta logbook. Biasa, kalo Kamis pagi memang gue selalu ke kos dia buat minjem logbook atau masteran logbook buat gue salin. Kan beda sesi, dia sesi siang, jam 11-2. Jadi ga akan ketauan kalo sama. Oke, sama bawa milimeter block, dia bilang. Selesai kerja lapak itu, gue ke kos si Maria, buat ambil masteran logbooknya. Jam setengah 8 gue ke tempat si Maria, ambil logbook, nyalin intisari percobaan sama kesimpulan buat di lapak, balik ke kosan, selesain logbook, dan selesai lah logbook gue jam 9.30.
Perut laper karena telah bekerja cukup keras. Pergilah gue cari makan ke WNG. Gue ajak para petinggi-petinggi yang lainnya (Sena, Beb, Botak, Tekai sama si Ronald) lewat sms. Sesaat sebelum gue berangkat, ada bunyi sms, dibuka, dari si Raafik, senior gue, yang ikut praktikum bareng gue juga. Dia minta pengolahan data gue. Yaudah gue suruh dia ke kos gue. Ga berapa lama, datang si Raafik, gue kasih pengolahan data punya gue dan dia balik dan gue berangkat ke WNG. Sampe di WNG, dapat balasan dari si Sena sama si Ronald, mereka udah di kampus. Dengan ditemani bebacotan sama si Sena lewat sms, gue makan di WNG sampe selesai, siap otu gue balik lagi ke kos.
Sampe di kos, gue bingung mau ngapain. Mau baca-baca logbook buat persiapan speaken pas praktikum nanti, tapi malas. Gue masukkin lah itu logbook sama lapak gue ke dalam tas. Terus dapat ide, gue nonton film yang ada di notebook gue yang belum gue tonton. Itu jam 11.09, gue inget. Praktium jam 2. Gue punya waktu kosong buat nonton cuman satu setengah jam. Yaudah gue nonton When in Rome, yang berdurasi kurang lebih satu setengah jam. Singkat cerita gue selesai nonton itu film. Waktunya untk mandi. Itu jam 12.39. Kaya tadi malam, pas gue udah buka baju, ternyata ga ada air. Gue sms lagi lah si A Teddy itu, minta nyalain air. Kali ini ditambah kata "buru-buru" karena memang gue lagi buru-buru mau prektikum. Sambil nunggu air nyala, gue jadi rajin. Pengen belajar buat speaken. Nah gue keluarin lah itu logbook dari tas gue, gue baca-baca sbentar dan air udah nyala dan ember pun sudah penuh. Jadi tiba waktunya buat mandi. Gue tutup itu logbook, gue tinggal di kasur. Gue masuk ke kamar mandi dan gue mandi.
Siap mandi, gue sholat Dzuhur. Karena disms sama si Nia, gue jadi buru-buru. Ga enak gue sama dia, soalnya pengolahan datanya dia sama gue. Langsung gue beberes, make kemeja, ambil jaslab, pake axe
, sepatu, dan capcus langsung ke kampus. Gue jalan dipercepat dari biasanya ke kampus, naik angkot gratis, walau sempit dan berdesakkan dan agak gerah, dan semakin gerah dengan adanya cewek fikom di sebelah gue yang montok itu, tapi gue tahan dan sabar, nyampe lah gue di depan gedung lab PTBS. Di jalan menuju lab, gue ketemu si Ronald sama si Rani, dia udah selesai praktikum di sesi sebelumnya. Tanpa memedulikan mereka, hanya dengan menyapa seadanya, gue naik ke atas, ke lab. Ternyata di depan lab masih sepi, cuman ada Sena, Antono, Fajar, Fikri, Datik, Dani dan gue lupa siapa lagi. Belum ada si Nia juga ternyata, zzz.
Gue duduk di samping Sena, gue belajar. Ga berapa lama, datang lah rombongan lain, termasuk si Nia dan kelompok gue. Langsung lah gue hampiri si Irsan, liat gambar bentuk osiloskop Lissajous karena gue belum bikin gambarnya di lapak gue. Gue kerjain itu gambar di milimeter block yang sengaja gue bawa. Waktu tinggal beberapa menit sebelum masuk, dan ditambah si Nia yang panik karena belum nyelesain gambar Lissajousnya juga dan suara anak-anak yang lain yang berisik juga datangnya Raafik yang memberikan pengolahan data gue di saat yang ga tepat, sehingga gue ikutan panik sesaat.
Tepat sebelum masuk gue selesai bikin gambar itu, dan langsung nyusun lapak, dan men-stapler-nya. Siap itu gue bilang sama si Nia, gue nanti mau jelasin tentang dioda pas speaken nanti, karena emang daritadi gue cuman belajar itu dan kata yang udah praktikum tentang modul itu dioda itu susah, jadi gue kira ga ada peminatnya di kelompok gue. Tapi ternyata si Nia juga mau jelasin itu. Melalui perdebatan yang agak lama dan panjang, akhirnya gue ngalah dan dapat bagian jelasin tentang resistor. Gue belum belajar apa-apa tentang resistor, cuman seberapa yang gue ketahuin tentang resistor dari gue sekolah dulu. Jadi gue mau belajar dulu lah.
Di sini drama terjadi. Pas gue buka tas mau belajar dari logbook yang udah gue bikin, ternyata logbook itu ga ada. Panik sepanik-paniknya panik, gue cariin itu logbook. gue teriak-teriak nyariin itu logbook, nanyain ke anak-anak satu persatu, tapi ga ada hasil. Pada ga tau, ada yang ga jawab, dan ada juga yang sibuk sendiri, panik sendiri dengan laporannya. Itu udah saatnya buat masuk praktikum, dan logbook gue, yang menjadi syarat buat ikut praktikum ga ada. Mampus!
Saat itu, si Swakman, Antono, Sena, Irsan, Nia entah kenapa jadi ikut panik. Ga panik sih mungkin, cuman kaget, kasian, dan agak kesel juga mungkin sama gue yang lagi nyariin itu logbook. Dibantu sama Anotono nanyain ke anak-anak dan mengorek sebagian tas anak-anak, tapi logbook gue tetep ga ketemu. Walhasil yaudah lah dengan masang muka sok tenang, tapi di dalam hati kesel sejadi-jadinya, gue teriak di depan ruang ass.lab "AING FAIL!!!!" Anak-anak malah ketawa, apalagi si Botak. Hahahaha, kocak juga sih memang, di saat genting itu malah keilnagan logbook. Tapi namanya nasib, mau gimana lagi?
Di situ gue ambil kesimpulan kalo logbook gue ketinggalan di kos. Ya, ketinggalan, lupa gue masukkin. Tapi kata anak-anak yang lain, mending minta izin ke ass.labnya buat ambil logbook dulu. Ada sedikit pencerahan di situ, timbul rasa untuk tidak fail. Berbarengan dengan timbulnya perasaan itu, turunlah hujan. Masih gerimis sih, tapi cukup buat mematahkan semangat saya untuk tidak fail. Jadi, yaudahlah, gue balik aja ke gazebo mipa, pikir gue, di situ pasti ada si Ronald dkk. Gue sms si Ronald, bilang kalo gue fail. Di jalan gue masih bingung kok bisa yah ketingglan di kos? Perasaan udah gue masukkin ke tas waktu beberes tadi. Perasaan waktu belajar di depan lab gue keluarin logbook gue. DANG! Gue balik lagi lah ke lab, buat ngecek tas orang satu-satu. Di jalan ke lab gue ketemu sama Maria dan Marrisa. Menyapa seadanya, dan langsung gue balik ke lab. Tapi gue nelfon Sena buat mastiin kalo gue ngeluarin logbook ga tadi di depan lab. Di telfon, si Sena bilang gak tau. ZZZZZZ, gue tutup telfonnya, langsung naik gue ke lab. Tapi di depan pintu, ada si tekai baru keluar. Dia itu orang terakhir yang masih praktikum di sesi sebelumnya dan dia udah keluar, berarti praktikum udah mulai dan gue baru mau naik ke atas itupun masih ngoprek tas orang dulu, terus juga kalo dari oprekan itu berhasil dan ketemu bukunya dan kalo ngga, ya percuma gue naik tangga itu buang-buang energi beribu kalori. Yaudahlah gue deklarasikan kalo gue fail hari itu, modul karakteristik elemen listrik (L-6). Si Ebi keluar juga, gue pamer lah ke dia kalo gue fail. Gelo memang, tapi emang lagi gelo waktu itu.
Singkat cerita, udah malam hari. Sebelum itu, gue pamer terus-terusan ke setiap anak Fisika yang gue temuin kalo gue fail. Malam itu gue niat mau nginep di kos Ronald, dan main MOHPA make speaker simbadda dia, biar lebih berasa. Tapi sebelumnya gue balik dulu ke kosan ambil baju buat kuliah besok. Sampe di kosan, gue nyalain lampu dan liat ke kasur. Dang! Kasur gue rapih. Ga ada logbook. Ga ada buku Campus bersampul item kuning kotak-kotak di atasnya. Berarti logbook gue dibawa ke lab tadi siang. Tapi kok bisa ga ada? Ga ada kemungkinan lain berarti kebawa logbooknya sama orang.
Besoknya gue tungguin, sampe sholat Jum'at, masih gue tunggu, tapi kok ga ada yang ngaku bawa logbook gue? Di situ gue mulai pasrah, yaudahlah, paling dia malu kali dan merasa bersalah karena logbooknya dia bawa. Tapi, pas kuliah Bahasa Indonesia jam 3 sore, datang si Dani. Telat dia, duduk di paling belakang, tepat di belakang barisan gue. Dia bilang, "Eh Mur Mur, aing mau ngomong. Tapi jangan marah." Gue bingung, terus gue jawab, "Iye, apaan?" Dia bilang, "Tapi jangan marah?" Gue makin bingung dan penasaran, "Apaan?" Dia jawab, "Ini logbook lu kebawa sama gua." Dang! Ketemu pelakunya! Hahaha, sambil nunjukin logbook gue dan ngasih ke gue dia bilang' "Jangan marah jangan marah." Gue liatin dia dengan agak kesel tapi kasian, gue suruh dia make helmnya si Botak. Dipaksa sama si Beb dan si Botak, tapi dia ga mau. Hahaha yaudahlah. Selesai kuliah, dia bilang lagi, "Jangan marah Mur, ga sengaja aing, itu kebawa, kirain punya aing. Jangan marah. Terus gimana nih, gua ngapain?" Hahahaha ga enak gue temen sendiri, "Yaudah besok lo berarti harus fail." "Ah ngga ngga ngga mau", dia bilang. "Hahahaa, yaudah yaudah ga usah ngapa-ngapain" gue bilang. "Serius nih gua ngapain?" dia bilang. "Ngga, ga apa, udah lewat" gue bilang.
Awkawkakwakwkakwakwkakwkakwkawkakwkawkakwkawkakwkakwkawk gitulah ceritanya bagaimana bisa gue FAIL kemarin. Tips buat elo-elo yang mau praktikum supaya ga fail itu satu, jangan sok-sokan belajar kalo udah mau praktikum. Nanti kepalang panik, jurnal awalnya lupa ditaro di mana atau lupa dimasukkin ke dalam tas jadi ga bisa praktikum. Atau kebawa sama orang, jadi ga bisa ikut praktikum juga (FAIL).


ini pelakunya gan!




maaf dan, foto maneh ada di blog aing. awkakwkawkawkwkawkakawkawk

3 comments:

  1. wuhahahhaah si makmur! jangan sok-sokan belajar kalo udah mau praktikum. Nanti kepalang panik, jurnal awalnya lupa ditaro di mana atau lupa dimasukkin ke dalam tas jadi ga bisa praktikum. Atau kebawa sama orang, jadi ga bisa ikut praktikum juga (FAIL).
    wuhahahha foto si dani di masukin segala!

    ReplyDelete
  2. posting bagus karna ada nama aku mur, 2 kali muncul lagi. hahaha !

    ReplyDelete